20 April 2005

KAA Membawa Hikmah

Image hosted by Photobucket.comJarang sekali melihat Bandung bersih seperti akhir-akhir ini. Jalan Dago terlihat rapi, jalan diaspal dengan resiknya. Marka jalan diperbaharui, tampak rapi dan bersih. Jalan Ganesha saat ini juga tampak bersih dan asri, setelah masyarakat setempat bergotong-royong membersihkan pojok Tamansari yang beberapa waktu yang lalu menjadi tempat gunungan sampah menumpuk.
Tak kalah jika kita melihat Alun-Alun dan Jalan Asia Afrika yang telah diatur dengan seksama dalam rangka menyambut Konferensi Asia Afrika pekan depan. Luar biasa, seperti melihat keajaiban telah datang.
Namun pertanyaannya sekarang adalah, mampukah masyarakat Bandung bersama-sama dengan Pemerintah Daerah memelihara dan bahkan meningkatkan situasi yang membaik ini? Mampukah Pemerintah Daerah memberikan penyuluhan secara komprehensif kepada masyarakat luas untuk mau dan berkeinginan untuk menjaga kotanya? Mampukah masyarakat Bandung untuk menerima pembelajaran lahir-batin untuk menjaga lingkungannya tetap asri? Cukup tinggikah kecerdasan emosional kolektif masyarakat dan Pemerintah Daerah Kota Bandung untuk mengerti bahwa penggalangan komunikasi sosial untuk memelihara berkah yang telah diberikan oleh event KAA ini?
Waktu yang akan menjawab seluruh pertanyaan ini.

1 comment:

Roby said...

blog yg menarik! apa ada debat/diskusi publik soal bagaimana "hikmah" KAA ini bisa dipertahankan? apa kata pemda, kritikus dll?