04 April 2005

TPA Darurat Belum Siap

TPA Belum Siap Tampung Sampah: "Evakuasi sampah besar-besaran di Kota Bandung yang dicanangkan Wagub Jabar, Jumat (1/4) lalu, ternyata masih terbentur belum siapnya TPA-TPA yang akan digunakan untuk menampungnya. Kendati demikian, Wali Kota Bandung Dada Rosada menegaskan, sebelum digelar KAA, sampah-sampah di jalur yang akan dilalui rombongan delegasi KAA akan terangkut semua.

Saat ditemui di TPA Cicabe, Minggu (3/4), Dada Rosada mengatakan, kendala yang saat ini dihadapi Pemkot Bandung dalam penanggulangan sampah adalah belum siapnya beberapa TPA, seperti TPA Cicabe. Untuk itu, pemerintah harus melakukan penataan terlebih dahulu, agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan warga sekitar.
'Mudah-mudahan kegiatan penataan jalan masuk dan lapangan penimbunan sampah ini bisa selesai dalam dua hari ini,' ujar Dada.

Dikatakannya, kapasitas TPA Cicabe sebesar 45.000 m3. Sementara angkutan truk yang sampah maksimal sebanyak 150 rit/hari dengan kapasitas 10 m3/truk. Dengan mengaktifkan TPA Cicabe, Pasir Impun dan Jelekong, diharapkan 112.000 m3 sampah yang ada di Bandung dapat dievakuasi."

Namun semua itu belum siap digunakan, dan aku masih berharap, semoga Bandung akan menjadi bersih kembali di akhir minggu ini, walaupun hanya untuk sementara. Duh, sementara?

No comments: