12 April 2005

Rencanakan Agenda Pengelolaan Sampah yang Membumi

Dr. Ir. Mubiar Purwasasmita berbisik kepada saya, tampaknya pemerintah kota harus dipaksa untuk merasakan bagaimana menderitanya orang yang hidup di dekat sampah. Sehingga, seluruh agenda pengelolaan sampah di masa yang akan datang, atau yagn sedang disusun langsung menyentuh akar rumpt, dan tepat menuju sasaran permasalahan yang ada. Menurutku, ada beberapa aspek yangmenurut "orang kecil" seperti saya harus dipikirkan oleh pemerintah kota.
  1. Berikan contoh nyata bagaimana cara mengelola sampah yang baik. "Orang penting" di jajaran pemerintahan harus memperlihatkan kepada seluruh masyarakat bahwa mereka juga sadar akan pentingnya menyelesaikan permasalahan samaph di Bandung.
  2. Himbau masyarakat untuk mengelola sampahnya sendiri dengan turun langsung ke bawah dan memberikan dorongan moril secara efektif.
  3. Untuk menciptakan Bandung yang bersih dan asri, sikap yang sedikit represif dalam mengimplementasikan Perda K3 masih bisa diterima. Siapkan aparat yang jujur dan mampu untuk menjaga momentum bergulirnya pemberlakuan Perda tersebut. Berlakukan Perda tersebut tanpa pandang bulu. Singapura dan Malaysia sukses karena mereka memberlakukan peraturan tentang kebersihan tanpa pandang bulu.
  4. Bersamaan dengan itu semua, tunjang seluruh program K3 dengan infrastruktur yang efektif dan efisien. Infrastruktur yang sophisticated namun tidak efektif dan efisien sama sekali tidak berguna.

No comments: