08 June 2007

Revitalisasi TPA Bandung dan Konsep Pengelolaan Sampah Bandung

Pemerintah Kota Bandung berencana untuk melakukan revitalisasi TPA Sari Mukti yang terletak di Kecamatan Cipatat, kabupaten Bandung. Revitalisasi ini berupa perbaikan infrastruktur dan pebangunan fasilitas pembuatan kompos di areal TPA. Proses revitalisasi ini akan berlangsung selama 3 tahun. Anggaran yang disediakan dari APBD sekitar 22 milyar rupiah. Sebuah langkah kongkrit yang menggembirakan. Apalagi jika revitalisasi ini juga akan meliputi perbaikan dan pembangunan fasilitas pengelolaan sampah modern di TPA Leuwigadjah.
Namun sebenarnya yang lebih penting adalah, bagaimana Pemerintah memberikan ruang kepada proses pendidikan manajemen sampah sederhana kepada seluruh masyarakat, sehingga filosofi reduce, reuse dan recycle menjadi pola hidup masyarakat yang mengakar. Karena selama ini, pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah terkesan setengah-setengah. Tidak ada usaha masif yang menusuk dalam kepada perubahan pola pikir secara kolektif.
Gambar di atas saya curi dari Pikiran Rakyat. Pengelolaan sampah di Bandung masih terus mengandalkan usaha-usaha tradisional yang mengedepankan pemerintah sebagai ujung tombaknya. Pengelolaan sampah tidak dimulai dari akar rumput, tidak ada usaha-usaha pengelolaan sampah dalam skala rumah tangga. Mungkin sudah saatnya setiap individu komponen masyarakat mulai menyadari bahwa pengelolaan sampah di skala rumah tangga merupakan konsep progresif yang secara langsung dapat mengatasi masalah makro pengelolaan sampah di Bandung.

1 comment:

Anonymous said...

mas harry,

saya sunny arjakusumah dari energy management univ. twente, belanda.
kebetulan lagi bikin research yg topiknya waste->energy nih.
saya ngambil objek study proyek electricity-generating landfill di Bali yg lg didaftar jadi proyek CDM (clean devoplment mechnya kyoto protocol).
Nah, saya mau coba liat, apakah proyek serupa bisa direplikasi di bandung tercinta, dan apa aja barrier2nya.
Kalau boleh, saya pengen diskusi soal masalah sampah di bandung nih.
Bisa kontak saya di sunnyarjakusumah@hotmail.com
makasih banyak mas!