20 June 2007

Bebersih

Swiiirrr, tiba-tiba truk sampah berbau busuk meliwati saya. Saya yang sedang mengendarai sepeda motor tak bisa tidak, menghirup udara busuk yang ditinggalkan truk sampah yang penuh dengan sampah busuk kota Bandung. Dengan terpaksa, saya harus menghentikan sepeda motor saya di sebuah lokasi yang enak, untuk sekedar memberikan waktu yang cukup agar truk sampah itu cukup jauh, sehingga bau busuk tidak lagi menyengat.
Memang, akhir-akhir ini, TPS-TPS tampak bebenah. Sampah yang beberapa waktu yang lalu memenuhi tempat ini, mendadak menghilang. Suasana yang agak manusiawi mendadak hadir di sekitar masyarakat Bandung. Sampai kapan? Entah. Yang pasti, pembersihan ini seyogyanya harus disertai dengan kampanye masif kepada seluruh masyarakat Bandung, bahwa aktivitas reduce, reuse dan recycle sampah memang memerlukan kesadaran komprehensif. Sampah kota yang telah berjubel, memang harus mendapatkan perhatian khusus. Walaupun TPS Jalan Bengawan, misalnya, saat ini telah mulai ramping, masyarakat sekitarnya saya yakin masih berpikiran apatis. Sampai kapan previllage mendapat udara bersih ini dapat dinikmati oleh mereka? Sekali lagi, entah. Ketidak pastian yang sudah menjadi ciri hidup masyarakat Indonesia.
Ooopps, saya sudah terlambat, dan harus segera ngeloyor lagi.

No comments: