26 March 2007

Sampah Bandung dalam Berita

  • Ahmadinejad dan Sampah Bandung - Bulan Mei lalu dua peristiwa istimewa terjadi di Indonesia yaitu kunjungan Presiden Iran Ahmadinejad dan sampah Bandung yang sudah berbulan-bulan tidak dibersihkan.
  • Sampah, Pekerjaan Rumah Pemerintah Kota Bandung - Lambat laun Kota Bandung, Jawa Barat, mulai dikenal sebagai kota sampah. Soalnya sejak tempat pembuangan akhir sampah di Leuwigajah, Bandung, ditutup, banyak sampah menumpuk dan tak terangkut di sejumlah tempat.
  • Pro-Kontra: Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Bandung - Masalah pengelolaan sampah masih menghantui Bandung. Kali ini, rencana sebuah proyek WTE (Waste to Energy atau sampah jadi energi) berupa pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) di dekat salah satu lingkungan pemukiman di Gedebage, Bandung Timur, ditolak oleh warga setempat.
  • Bandung Siap Impor Sampah - Pemerintah Kota Bandung kemungkinan besar akan “mendatangkan” sampah dari luar wilayah Kota Bandung. Hal itu dilakukan untuk menutupi kekurangan bahan baku sampah yang akan diolah dalam pabrik pengolahan sampah menjadi energi listrik (waste to energy) di Kel. Mekarmulya, Kec. Rancasari Kota Bandung.
  • Sampah Kembali Menjadi Masalah di Kota Bandung - Sampah kembali menumpuk di sejumlah jalan di Kota Bandung, Jawa Barat. Sampah yang menggunung hingga tiga meter ini sudah berlangsung sejak sebulan silam.
  • Workshop Kelayakan Sampah Kota Bandung sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik - Hari Rabu, 7 Februari 2007 tiba–tiba kampus ITB diwarnai oleh bapak–bapak dan ibu–ibu berseragam coklat muda khas pegawai Pemerintah Kota (Pemkot). Rombongan Pemkot ini rupanya hadir untuk mengikuti “Workshop Kelayakan Sampah Kota Bandung sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik” di ruang Auditorium Campus Center Timur pukul 09.00–13.00 WIB. Workshop ini diselenggarakan oleh Pusat Rekayasa Industri LPPM ITB dan Pemerintah Kota Bandung.

No comments: