03 January 2006

Beberapa TPS di Kota Bandung Ditutup

Walaupun belum parah akibat penutupan TPA Jelekong, beberapa TPS di kota Bandung sudah tidak mampu lagi menampung sampah kota. Salah satunya TPS Tegallega. Pada TPS ini terdapat pengumuman yang menyatakan penutupan TPS secara sementara hingga TPS ini mampu kembali menampung sampah.

Sampah juga mulai menumpuk di TPS Jalan Jakarta. Sampah di TPS ini telah menumpuk dan tampak mengkhawatirkan. TPS Jalan Tamansari-pun sudah tampak mengkhawatirkan. Beberapa gerobak sampah tampak menghalangi TPS berfungsi sebagai batas sampah yang mulai menumpuk.

Lantas, kemana sampah-sampah yang mulai menumpuk ini akan disalurkan? PR menuliskan bahwa Pemerintah Daerah tengah meneylenggarakan rapat-rapat darurat untuk membahas hal ini. TPA Cicabe ditunjuk sebagai TPA Super Darurat, yang akan digunakan sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Sementara hingga kapan? Entah.

TPA Citatah saat ini tengah dipersiapkan untuk digunakan pada bulan Februari 2006 ini. Walaupun masih menyimpan berbagai konflik kepentingan dengan saratnya persoalan sosial dalam penunjukkan TPA ini, studi dam persiapan TPA Citatah terus dilakukan.

Pengomposan memang merupakan salah satu penyelesaian komprehensif bagi permasalahan sampah kota. Usaha-usaha diseminasi pembuatan kompos pada masyarakat luas harus dilakukan segera. Pengomposan memang sebuah keniscayaan.

1 comment:

hatikupikirankulangkahku said...

Keep to change the better city we love bandung, very nice blog
keep blog

http://bandungcity.blogspot.com