05 November 2005

Composter

Sejak 6 bulan yang lalu, sebuah composter berwarna biru tergeletak di belakang rumahku. Sejak itulah aku tidak pernah lagi membuang sampah organik. Composter ini dilengkapi dengan sebuah "pintu" kecil di bawah untuk mengeluarkan kompos yang telah matang. Sebuah ventilator mencuat di atas berupa pipa PVC yang berlubang-lubang untuk menjamin sirkulasi udara yang baik. Ventilator dirancang sedemikian rupa sehingga air hujan tidak akan masuk ke dalam composter yang dapat membasahi sampah secara berlebihan. Sebuah composter yang sederhana, yang sangat mudah diproduksi dan sangat fungsional.
Sampah organik kupotong-potong menjadi potongan kecil-kecil. Kemudian sampah tersebut kucampur dengan kira-kira 10% kotoran kambing yang kebetulan sangat mudah kudapatkan dari kampung sebelah. Seluruh campuran tersebut kumasukkan ke dalam composter, dan kompos kupanen setiap 2-3 minggu sekali.
Tidak susah mengoperasikannya. Sederhana dan bersih. Berbau? Tidak, kecuali jika kau masukkan kepalamu ke dalam composter, dan bernafas dalam-dalam.

4 comments:

Anonymous said...

Mas, berapa kira-kira biaya total pembuatan komposter ini?
Thanks sebelumnya.-

Harry said...

Harga sebuah tong plastik kira-kira 40-50 ribu. Bisa lebih murah jika beruntung.
Ongkos barang-barang yang lain, sekitar 20 ribu.
Ongkos buat di bengkel mana saja, mungkin tidak lebih dari 25 ribu.

Buatlah kompos!

Fujaru said...

Mas, sepertinya alat "Composter" ini bisa jadi alat "supercanggih" buat mengatasi masalah sampah organik di kota bandung.
Kalau boleh tolong jelaskan cara pembuatan alat ini. :)

dan sepertinya besar persentasi masalah sampah bandung yang bisa dikurangi bila Composter bisa diperbanyak dan digunakan secara efektif, misalnya setiap rumah memiliki satu Composter.
Selain itu bila melihat dari sudut lain, alat ini bisa juga dijual ke pasaran dan dipromosikan, sehingga masyarakat tidak perlu bersusah payah membuat alat tersebut (bila memang pembuatannya begitu susah payah :)

hanya sekadar comment dan numpang lewat saja. Thanks sebelumnya :)

Mas De_Fa said...

mas tolong kirimkan cara pembuatan komposter ini sekalian dengan gambar2 proses pembuatannya ke emailku di ad.fajli@gmail.com.

thanks sebelumnya ats bantuannya..