23 May 2008

HIMATEK ITB Mereklamasi Air Bersih di Cikapundung

Melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh HIMATEK (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia) ITB, sebuah unit penyedia air bersih telah dibangun di Kampung Menteos, Sangkuriang, di sekitar sungai Cikapundung. Selama ini, masyarakat di sekitar sungai Cikapundung, terutama masyarakat miskin, mengandalkan air sungai Cikapundung untuk kegiatan sehari-harinya. Mereka melakukan kegiatan MCK dengan menggunakan air sungai ini yang kondisinya sangat tidak layak. Berangkat dari hal itu, mahasiswa yang tergabung dalam HIMATEK ingin membuat sebuah kerja nyata dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf keamanan sosialnya, dengan menyediakan unit penyedia air bersih. Unit ini adalah unit pemisah dengan menggunakan teknologi membran. Unit yang sama telah pula dibangun oleh mahasiswa di Desa Cililin setahun yang lalu.
Pada tanggal 18 Mei 2008 yang lalu, unit ini telah selesai dibangun dan telah siap untuk dioperasikan. Pada hari Minggu besok, 25 Mei 2008, aku diundang dan diminta untuk meresmikan penggunaannya di Kampung Menteos, RT 05, RW 13. Tentu, dengan senang hati dan bangga, aku bersedia melakukannya. Aku akan mendapatkan cerita yang luar biasa. Tidak sabar.

1 comment:

Anonymous said...

Bagus Kerja Anda sekalian saya salut..
tapi masih ada ganjelan yang menurut saya cikapundung bersih masih sangat jauh...
klasik memang untuk masalah sampah tanpa adanya kesadaran dari masyarakat...
saya punya ide gimana kalau kita membuat sungai jadi uang dan pemberdayaan masyarakat...
dengan moto dari sungai untuk sungai....
tentu harus ada pengorbanan makanya saya membutuhkan orang-orang yang mempunyai semangat bahwa sungai cikapundung adalah ladang penghasil dana untuk masa depan...
kirim komentar ke botan^56@yahoo.com....untuk anak-anak "HIMATEK ITB"
hatur nuhun juragan