29 September 2006

HIMATEK dan Reaktor Kompos

Pernah dengar HIMATEK? Mungkin belum. HIMATEK adalah Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITB, salah satu himpunan mahasiswa tertua di ITB. Karena mereka adalah critical mass dari para praktisi teknologi proses di Indonesia, mereka tidak terlena saja ketika melihat masalah lingkungan dan sampah Bandung yang telah mengakar dan sulit untuk dihilangkan ini. Sejak beberapa minggu yang lalu, di samping sekretariat HIMATEK, bertengger 5 buah reaktor kompos yang dibangun dan dioperasikan sendiri oleh para mahasiswa ini. Rancangan reaktornya sendiri sih sederhana saja, yang penting bersih dan sistem ventilasinya baik, udah!. Sampahnya? Diambil dari daerah sekitarnya. Mungkin sampah-sampah organik penjual makanan kecil yang sering nangkring di dekat sana ditampung di reaktor ini. Boleh-lah.
Namun semangat para mahasiswa ini tidak berhenti sampai di sana. Pada beberapa waktu yang lalu, aku menerima proposal yang bertajuk "Pemanfaatan Kompos sebagai Sarana Penanggulangan Sampah", yang disiapkan oleh divisi workshop HIMATEK, yang intinya adalah sebagai berikut:

  • Buat beberapa (10? 20?) reaktor kompos
  • Bagikan reaktor tersebut kepada beberapa rumah tangga terpilih
  • Sosialisasikan bagaimana cara membuat kompos
  • Monitor
  • Gembar-gembor

Menarik, dan sangat menyentuh potensi dasar masyarakat untuk menyadari mengapa membuat kompos dari sampah organik penting artinya bagi pengurangan volume sampah kota yang disinyalir akan menjadi masalah besar dalam waktu yang tidak begitu lama lagi. Selain itu, proyek ini juga akan mengajarkan kepada masyarakat bagaimana pola hidup sehat diaplikasikan dalam tindakan sehari-hari.

Saat ini, aku sedang berpikir, bagaimana ya cara mencarikan dana untuk adik-adik mahasiswa ini?

4 comments:

Anonymous said...

Hi Harry... I've been reading your bandung sampah blogs online. saya tinggal di california. saya sangat tertarik sekali untuk cari jalan keluar masalah sampah di Bandung. keluarga saya tinggal di Bandung. Saya akan pulang kampung selama 2 minggu desember ini. saya harap kita bisa bincang bincang "in person" waktu saya di sana. sementara itu, kita bincang bincang lewat email yah. CCyberLite@msn.com.

Anonymous said...

Waj, pak harry nulis blog juga...Bagus pak.
Saran pak, warna font nya jangan sama dengan warna background. Jadi sulit bacanya ^^

Anonymous said...

31 januari 2007
hi... kok nggak ada berita baru tentang sampah?
what happen?
bisa ngobrol tentang instalisi yang anda punya dengan saya secara pribadi lewat email iwuy@telkom.net

Anonymous said...

ternyata yang punya "sampahbandung" pak Harry. Saya senang pak, bapak nulis tentang HIMATEK, padahal saya sendiri yang anggota HIMATEK aktif sekarang ga'pernah nulis2 ttg HIMATEK.
Semangat terus ya pak...
Saya juga baru blajar nulis2 nih pak.
Tulisan saya diliat2 ya pak..
di fernandone.wordpress.com